-->

  • Jurusan di SMK NEGERI 1 LUMAJANG

     REKAYASA PERANGKAT LUNAK
    Tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
    Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) adalah : “ Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.”

    Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) didirikan sejak tahun 2012. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Saat ini RPL memiliki 3 kelas yaitu kelas X sebanyak 1 kelas, kelas XI sebanyak 1 kelas dan Kelas XII sebanyak 1 kelas. 
    Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak.
    Secara Khusus tujuan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten untuk:
    • Menginstalasi Perangkat Komputer Personal dan Menginstal Sistem Operasi dan Aplikasi
    • Mengerti tentang Konsep Algoritma Pemrograman dan Konsep Perangkat Lunak
    • Merancang Sistem Informasi / Business Process untuk membangun suatu Software / Aplikasi
    • Membangun Software Aplikasi Databases Berbasis Desktop, Web dan Mobile

    Peluang Kerja RPL :
    Dengan memanfaatkan kemampuan, kompetensi, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak diharapkan akan bisa menjadi :
    1. Web Application Programmer
    2. Database Programmer
    3. Interfacing Programmer
    4. Mobile Application Programmer (Java and Android)
    5. Desktop Application Programmer
    6. C and C++ Programmer
    7. Game Programmer
    8. Hardware and Software Technicians
    9. IT Support and IT Staff
    10. Pekerjaan-pekerjaan lainnya yang berbasis komputer

    Fasilitas RPL :
    RPL saat ini memiliki satu ruang lab praktek yaitu Lab Permograman Dasar dan Lab Pemrograman Lanjut. Pada setiap lab tersedia sarana pembelajaran computer, LCD Projector, jaringan wireless.

    Teknik Komputer Jaringan

    Sejarah
    Program Keahlian TKJ dibuka SMK  Negeri 1 Lumajang pada tahun 2005, melihat kebutuhan akan tenaga Teknologi Informasi pada saat itu di Kabupaten Lumajang masih dipandang kurang, terbukti setiap kali pendaftaran Program Keahlian TKJ merupakan salah satu program yang di favoritkan, pada tahun 2006 program keahlian TKJ dibuka 2 kelas. Hingga saat ini SMK Negeri 1 Lumajang telah meluluskan kurang lebih 665 alumni.

    Kompetensi Pembelajaran
    Program Keahlian TKJ SMK Negeri 1 Lumajang dengan Kurikulum 2013, dari sisi materi Kurikulum 2013 lebih menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, diantaranya yaitu, Perakitan Komputer, Simulasi Digital, Sistem Operasi, Jaringan Dasar, Pemrograman Web, Komputer Terapan, Komunikasi Data, Sistem Operasi Jaringan, Administrasi Server, Rancang Bangun Jaringan, Jaringan Nirkabel, Keamanan Jaringan, Troubleshooting Jaringan, Kerja Proyek

    Fasilitas Pembelajaran
    Komputer, Laptop, Notebook, Tablet, Hotspot area 24 jam, Pembelajaran dengan LCD Projector, Online test.

    Kerjasama Industri / Link
    Telkom Lumajang, Telkom Jember, CV Venus, Lab Persada, ICON Technology, LCC Lumajang, PLN Lumajang, PDAM Lumajang dan beberapa instansi lainnya baik dibawah naungan pemerintah ataupun swasta.

    Prestasi
    Juara 1 dan Juara 3 Tahun 2010 Lomba Setting Access Point dan Router di Grand City Surabaya, yang diselenggarakan oleh Komputek (Jawa Pos Group)

    Multimedia

    Tujuan :
    Menghasilkan tenaga pelaksana di bidang teknis periferal grafis, animasi 2 Dimensi, animasi 3 Dimensi, audio, video, pengetahuan, dan sikap sebagai tenaga pelaksana yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan mampu menghadapi kemajuan tekhnologi.

    Multimedia Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
     
    1. Mengembangkan kemampuan design grafis
    2. Mengembangkan pengelolaan animasi digital
    3. Mengembangkan website
    4. Merekam dan menyunting audio dan video
    5. Mengembangkan aplikasi multimedia interaktif
    6. Mengembangkan pengetahuan dan menumbuhkan sikap dan tanggung jawab menghadapi kemajuan teknologi

    Bidang Pekerjaan Lulusan Jurusan Multimedia:
    1. Desainer Web
    2. Pengembang Web
    3. Pembuatan media simulasi
    4. Multimedia Development
    5. Desainer Grafis/ Image
    6. Editor/ Production House Video/Film
    7. Editor Audio
    8. Animation Maker
    9. Media and Advertisement
     
    Prestasi yang pernah diraih jurusan Multimedia:
    1. Juara III LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Multimedia Tingkat Jawa Timur Tahun 2014
    2. Juara III Short Movie Competition di UNESA Tingkat Jawa Timur Tahun 2014
    3. Juara II Majalah Digital di UNESA Tingkat Nasional Tahun 2014
    4. Juara I Mini Magazine oleh Larasdikdudi Tingkat Nasional Tahun 2014
    5. Juara III Mini Magazine oleh Larasdikdudi Tingkat Nasional Tahun 2014
    6. Juara III Majalah Digital Enumeration di PENS – ITS Surabaya Tingkat Jawa Timur Tahun 2012
    7. Juara Favorit Majalah Digital Enumeration Di PENS – ITS Surabaya Tingkat Jawa Timur Tahun 2012
    8. Juara I Fotografer Tingkat Kabupaten Tahun 2012
    9. Juara II Fotografer Tingkat Kabupaten Tahun 2012
    10. Juara III Fotografer Tingkat Kabupaten Tahun 2012
  • 1 comment:

    1. Kak kalo masuk jurusan rpl apa harus paham semua bahasa pemrograman?

      ReplyDelete